15 Mei 2015

Twin lake of Solok

Before , I will present how beautiful of A panorama is wonderful come from Indonesian .
In this oppurtunity based theme is Culture of Indonesia . So, I am sorry if I many post that use in Indonesia languange . So, come on please visit Indonesia . :D

DANAU Kembar ( Twin Lake )


Indonesia memiliki banyak destinasi yang Maha besar indahnya,Solok yang berada di Sumatra Barat ini contohnya wilayah yang memiliki danau-danau indah. Wilayah ini berada di ketinggian 400-1.700 mdpl dan memiliki empat buah danau, yaitu Danau Singkarak, Danau Talang, Danau Diateh (Diatas), dan Danau Dibawah. Dua danau terakhir disebut sebagai Danau Kembar karena hampir sama luasnya dan letaknya berdekatan.

Danau Kembar(Twin Lake) terletak di Kabupaten Solok, tepatnya di daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang. Lokasi danau ini sangat strategis dan terletak di atas ketinggian sehingga suhu udaranya sangat dingin. Pegunungannya yang dibalut kabut dan aktivitas petani kol, kentang, cabe, dan aneka sayuran lainnya menjadi menjadi pemandangan tersendiri yang khas.
Provinsi Sumatra Barat

          Alahan Panjang memiliki udara yang cukup dingin bahkan saat siang hari sekalipun. Anda akan melihat pemandangan yang biasa di sini dimana masyarakatnya mengenakan kain tenun
Dari kota Padang, Danau Kembar berjarak sekitar 65 km melewati jalan tanjakan dan tikungan. 15 km perjalanan meninggalkan pusat kota Padang maka Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan, hutan, dan jurang yang curam. Begitu sampai di Lubuk Selasih, sekitar 35 km dari pusat kota Padang, Anda berbeloklah ke kanan untuk menuju arah Solok Selatan untuk menikmati suguhan aroma daun teh segar di antara hamparan perkebunannya yang membentang luas.


Alasan dikatan Kembar ?
 Karena topografi yang berada diatas bawah yaitu Danau Diatas dan Danau DiBawah banyak menyebut Danau Kembar. Meskipun disebut kembar, keduanya sungguh berbeda baik luas, bentuk, maupun ketinggiannya. Uniknya danau yang letaknya lebih tinggi itu disebut Danau Di bawah. Keduanya berada saling berdampingan di jajaran Bukit Barisan. Jarak di antara keduanya hanya sekitar 300 meter sehingga disebutlah Danau Kembar. Look at this! It's like Twin lake.
A virgin lake 

Danau Kembar merupakan danau vulkanik besar terletak hampir berdampingan sebab ada pembatas antara dua danau ini yaitu sebuah bukit yang tinggi. 
       Keperawanan alam ini berdampingan dengan budaya asli yang kental di Sumatra Barat ( west Sumatra). Ketika anda dari arah Solok anda akan dimanjakan dengan pemandangan menuju Danau Dibawah. Hutan Pinus,perkebunan teh dan lembah akan menjadi gate terindah yang indah . Kurang lebih 3 jam anda sampai di danau pertama yaitu Danau DiAtas
      Danau DiAtas ialah danau yang lebih besar daripad Danau DiBawah. Tempat ini memberi Anda pemandangan danau yang alami dengan air yang bening sehingga tampak jauh Anda dapat melihat ikan-ikan berlarian uniknya ikan disini jarang ditangkap ini sebabnya banyak ikan besar dengan jumlah banyak banyak dijumpai . Di tambah dermaga kecil disana dan pohon pinus yang tumbuh menjulang menjadikan ini surga dunia.
      Namun jika dirasa kurang , Anda bisa menuju arah timur menuju Danau DiBawah yang berjarak kira-kira 1 km dari tempat awal anda berpijak. Alasan disebut Danau DiBawah karena ketika melihatnya, danau tersebut berada di bawah kita . Namun untuk mencapainya perlu susah payah sebab countour berbukit-bukit seperti mangkuk hijau raksasa.
Kereta Api melewati ngarai sanok

Transportasi

  untuk mengunjungi Danau Kembar. Ketika Anda tiba di Minangkabau International Airport di Bandara Ketaping , Kabupaten Padang Pariaman dapat menggunakan kereta api atau dengan travel jika menggunakan kereta api bisa dikenakan biaya Rp 100.000,00 . Atau sewa travel per hari berkisar 
Rp 450.000,00-Rp 650.000,00 itu belum termasuk bahan bakar namun Anda diuntungkan jika mungkin rombongan wisata.
  Untuk mencapai lokasi Danau Kembar dari Kota Padang, Anda dapat mengunakan bus antarkota dengan ongkos Rp 20.000,00 menempuh perjalanan sekitar 60 km dalam waktu sekitar 2 jam mengingat jalan yang berliku .
  Alahan Panjang tempat Danau kembar berada bisa mobil atau motor sekitar 3 jam dari kota Padang . Sebelum sampai ke tempat tujuan,sepanjang perjalanan dari Padang-Simpang Lubuk Selasiah, mata Anda akan dimanjakan karakteristik pegunungan yang berjejeran .

Kuliner

   Datanglah ke Restoran Kayu Aro Solok di sebelah Kantor Bupati Daerah Aro Soka , Kabupaten Solok tepat sebelah kanan jalan dari Padang ke Solok . cobalah dengan dendeng nan lezat dan berbagai kuliner lainnya . Pemandangan dengan bukit berjejeran akan membuat Anda betah berlama-lama singgah. 
    Pilihan lain adalah Resto Meri dekat wilayah Kota Baru. Anda dapat menikmati ikan yang telah diracik sedap ditemani krupuk singkong menguggah selera lidah Anda

Belanja

   Jika berkunjung ke daerah wisata, tentu ada hasrat untuk membawa buah tangan . Keindahan alam pegunungan yang indah dan kebun teh yang menyelubungi tanah Solok akan terlihat kebun sayuran seperti kentang,wortel dan buah buahan khas Alahan Panjang . Yang istimewa dan wajib Anda cicipi dan beli adalah buah markisa dan terong virus

TIPS 

  • kawasan Danau Kembar bersuhu dingin sekitar 14-16 derajat celcius,mungkin jaket hangat dan kebutuhan yang bersifat hangat Anda perlu persiapkan ketika hendak berkunjung kesini
  • Bila Anda datang dari arah Lubuk Selasih maka sekitar 1 km menjelang sampai rumah makan Bungo Tanjung,Anda akan menyaksikan Hamparan air Danau DiAtas yang biru sejuk,asri,dan segar.  
Source :http://www.indonesia.travel/id/destination

1 komentar:

  1. permisi saya mau tanya, kereta api ke solok ada ya?? kemain tanya di stasiunnya gak ada -___-" kan jadi malu

    BalasHapus